Xiaomi Mi Band 5 Hadir dengan Dukungan NFC

Penulis: Reza Perdana

Xiaomi Mi Band 5 Hadir dengan Dukungan NFC

Mi Band (GSM Arena)

Minggu, 6 Oktober 2019 | 11:37

Analisadaily - Xiaomi Mi Band 4 diluncurkan di China pada bulan Juni 2019, dilengkapi dengan NFC dan mikrofon. Namun, varian globalnya yang disebut Mi Smart Band 4 tidak memiliki salah satu dari fitur tersebut.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (6/10), dalam perkembangan baru, jika laporan terbaru dapat dipercaya, kita akan melihat Mi Band 5 datang dengan NFC di luar China.

Tidak jelas apakah versi global Mi Band 5 akan memiliki built-in mic atau tidak, tetapi laporan itu mengatakan bahwa perangkat akan lebih maju dan tahan lama daripada model sebelumnya.

Detail langka tentang next-gen wearable sekarang, dan tidak ada kabar dari Xiaomi tentang peluncurannya, tetapi mengingat bagaimana Mi Band 3 diluncurkan pada Mei 2018 dan Mi Band 4 tiba pada Juni tahun ini, diharap Mi Band 5 hadir pada waktu yang sama tahun depan.

Dikutip dari berbagai sumber, NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. Bisa juga diartikan sebagai komunikasi medan dekat. Fitur NFC membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel, satu bertindak sebagai transmitter dan satu penangkap sinyal.

Ada dua jenis perangkat yang kompatibel dengan NFC, yakni perangkat pasif dan aktif. Perangkat pasif misalnya kartu uang elektronik atau perangkat transmitter kecil lainnya yang hanya bisa mengirim informasi ke perangkat NFC lain tanpa membutuhkan daya.

Perangkat jenis ini tidak perlu mengolah informasi yang diterima dari perangkat lain. Mereka juga bersifat dependen alias membutuhkan perangkat aktif untuk bisa terhubung.

Sementara perangkat NFC aktif bisa mengirim maupun menerima data. Contoh paling umum adalah smartphone yang telah dilengkapi fitur NFC. Ada pula pembaca kartu yang tersedia di transportasi umum atau mesin pembayaran digital.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar