Tips Menghemat Tinta Printer

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Reza Perdana

Tips Menghemat Tinta Printer

Ilustrasi Printer (Berbagai Sumber)

Jumat, 5 Juni 2015 | 17:52

Analisadaily - Jika Anda merasa bahwa tinta printer terlalu cepat habis dan merasa bahwa membeli tinta printer merupakan hal yang cukup mahal, sudah saatnya Anda berhemat dan memilih cara lain untuk melakukannya. 

Dilansir Fox News, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat tinta printer Anda, sebagai berikut:

1. Cetak dengan resolusi yang minim

Jika cetakan Anda bukan cetakan formal, ada baiknya Anda menggunakan ukuran font kecil. Selain menghemat tinta, Anda juga menghemat kertas. Selain itu, ada baiknya Anda mencari tau tentan Ecofont yang merupakan suatu font yang dirancang untuk menghemat tinta printer.

Anda juga dapat menurunkan kualitas cetakan dalam pengaturan lanjutan dan tidak harus menggunakan resolusi 300 ppi untuk cetakan huruf.

2. Efisiensi

Pernah mencoba untuk mencetak halaman web dari Internet? Anda mungkin menyia-nyiakan tinta saat itu, dari mulai bar navigasi serta gambar. Bagaimana jika Anda bisa mencetak hanya bagian dari halaman yang Anda inginkan?

CleanPrint dan PrintWhatYouLike adalah dua alat yang memungkinkan Anda melakukan hal itu. CleanPrint adalah ekstensi untuk browser Web yang secara otomatis keluar iklan dan navigasi. Nantinya, Anda dapat menghapus gambar atau teks serta memperkecil ukuran font.

PrintWhatYouLike adalah situs yang mengambil halaman web lain dan memungkinkan Anda memilih apa yang harus dicetak. Cukup sisipkan di alamat dan Anda akan dapat mengubah atau menghapus segmen halaman.

3. Jangan percaya printer dan PC

Dalam notifikasi mungkin PC Anda memberikan pop-up bahwa tinta Anda habis atau berkurang. Pada kenyataannya, tinta Anda belum tentu seperti apa yang terlihat di printer dan PC. Anda bisa terus mencetak sampai melihat tinta mulai habis pada halaman.

4. Pintar memilih tinta

Jika Anda hanya mencetak halaman teks, pertimbangkan untuk menggunakan printer inkjet dan lebih baik menggunakan printer laser. Printer laser sedikit lebih mahal awalnya, tetapi biaya toner setengah dari tinta inkjet per halaman.

5. Jangan mencetak sama sekali

Jika memang tidak perlu dicetak, maka Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mencetak, saat ini file umum digunakan dalam bentuk digital. Aplikasi doPDF merupakan printer PDF gratis. Anda hanya memberitahu halaman untuk mencetak seperti biasa, tapi pilih doPDF sebagai printer. Dalam hitungan detik, Anda akan memiliki file PDF digital pada PDA.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar