Studi: Kata Sandi Bisa Diretas Lewat Suara Ketikan

Penulis: Christison Sondang Pane

Studi: Kata Sandi Bisa Diretas Lewat Suara Ketikan

Ilustrasi (Ubergizmo)

Kamis, 6 Juni 2019 | 15:46

Analisadaily - Kata sandi Anda dapat dicuri dengan berbagai cara. Cara yang paling umum menggunakan password yang sangat mudah ditebak peretas, bahkan tidak perlu berusaha terlalu keras untuk masuk ke akun Anda.

Cara lain yang lebih kompleks melibatkan phishing, peretas membuat situs web tiruan dari layanan yang sering Anda gunakan, dan begitu Anda memasukkan kredensial Anda, informasi itu dicuri.

Namun, peretas mungkin menemukan cara lain untuk mencuri kata sandi pengguna dan itu dengan mendengarkan bagaimana pengguna mengetik.

Dilansir dari Ubergizmo, Kamis (6/6), sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan University of Cambridge, Inggris dan Linköping University di Swedia, mereka menemukan cara Anda mengetik, mungkin saja kata sandi Anda dapat diperoleh dari itu.

Ini bukan sistem yang paling sempurna karena berdasarkan penelitian, algoritma mereka berhasil menebak 31 dari 50 login 4-digit dalam 10 upaya.

“Kami membayangkan, kata sandi yang lebih panjang dapat menimbulkan tantangan yang lebih besar karena banyaknya kemungkinan kombinasi, tetapi kenyataan, bahwa itu masih dapat ditebak agak mengkhawatirkan,” kata Ilia Shumailov seorang peneliti dari University of Cambridge.

Metode ini melibatkan pengguna mengetik di smartphone atau tablet yang mengeluarkan gelombang suara saat menyentuh layar. Kemudian bergerak ke mikrofon ponsel, memungkinkan algoritma untuk mengetahui kemungkinan kata sandi.

Tentu saja, ini tergantung pada peretas yang menginfeksi perangkat Anda dengan malware dan mendapatkan akses ke mikrofon perangkat Anda untuk memulainya, tetapi kenyataan, kemungkinan seperti itu ada agak menakutkan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar