Samsung dan Xiaomi Produksi Kamera Ponsel 108 MP

Penulis: Christison Sondang Pane

Samsung dan Xiaomi Produksi Kamera Ponsel 108 MP

Samsung (Phone Arena)

Senin, 12 Agustus 2019 | 15:13

Analisdaily - Pekan lalu Xiaomi mengumumkan telah bermitra dengan Samsung untuk mengembangkan sensor gambar pertama yang mencapai tanda tiga digit. Dan hari ini, Samsung mengulangi berita itu, tetapi dari sudut pandangnya.

Sensor 108MP ISOCELL Bright HMX diperkenalkan Samsung tiga bulan setelah perusahaan mengumumkan sensor 64MP-nya . Samsung mengakui, komponen baru ini adalah hasil kolaborasi erat antara dengan Xiaomi.

Produksi massal dimulai akhir bulan ini. Resolusi sensor adalah 12032 x 9024. Karena, kamera 108MP adalah sensor gambar seluler pertama yang berukuran besar 1/1.33 inci. Kamera ini menghasilkan apa yang disebut Sammy sebagai foto luar biasa dalam kondisi cahaya redup.

Ketika datang ke sensor pencitraan, ukuran penting, semakin besar sensor, semakin banyak cahaya yang bisa dilewatinya. Juga membantu meningkatkan foto yang diambil dalam lingkungan cahaya yang kurang optimal.

Karena teknologi Sammy's Tetracell menggabungkan empat piksel menjadi satu untuk menghasilkan foto 27MP saat pencahayaan rendah. Sensor gambar Samsung juga menyesuaikan pengaturan ISO secara otomatis berdasarkan pencahayaan sekitar.

Salah satu Pendiri dan Presiden Xiaomi, Lin Bin mengatakan, untuk ISOCELL Bright HMX, Xiaomi dan Samsung telah bekerja sama secara erat dari tahap konseptual awal hingga produksi yang menghasilkan sensor gambar 108Mp yang inovatif.

“Kami sangat senang, resolusi gambar yang sebelumnya hanya tersedia di beberapa kamera DSLR kelas atas kini dapat dirancang menjadi smartphone. Saat kami melanjutkan kemitraan kami, kami mengantisipasi tidak hanya menghadirkan pengalaman kamera ponsel baru tetapi juga platform di mana pengguna kami dapat membuat konten yang unik,” kata Lin Bin Dilansir dari Ubergizmo, Senin (12/8).

Wakil Presiden Eksekutif Samsung Electronics, Yongin Park mengungkapkan, Samsung terus mendorong inovasi dalam teknologi piksel dan logika untuk merekayasa sensor gambar ISOCELL untuk menangkap dunia sedekat apa yang dilihat mata.

“Melalui kolaborasi erat dengan Xiaomi, ISOCELL Bright HMX adalah sensor gambar seluler pertama yang mengemas lebih dari 100 juta piksel dan memberikan reproduksi warna yang tak tertandingi dan detail yang memukau dengan teknologi Tetracell dan ISOCELL Plus yang canggih,” ujar Yongin Park.

Dalam hal kualitas, kamera 108MP ISOCELL Bright HMX menggunakan teknologi Smart-ISO yang menurunkan ISO dalam cahaya terang untuk meningkatkan saturasi piksel untuk membuat foto yang jelas.

Pada kondisi gelap, ISO secara otomatis dinaikkan untuk mengurangi noise yang memungkinkan gambar lebih jelas. Pengaturan ISO mengukur sensitivitas sensor gambar terhadap cahaya. Secara tradisional, semakin tinggi pengaturan, semakin sensitif sensor terhadap cahaya.

Itu berarti ISO yang lebih tinggi dapat menghasilkan foto yang lebih baik dalam kondisi kurang cahaya. Sensor ini juga mendukung perekaman video dalam resolusi hingga 6K (6016 x 3384) pada 30fps.

Perang Megapiksel

Ponsel Xiaomi redmi Note 7 adalah yang pertama telepon untuk fitur sensor kamera 48MP. Dan yang pertama menggunakan sensor 64MP Samsung diharapkan menjadi model Realme yang akan diluncurkan akhir bulan ini. Ponsel pertama Xiaomi untuk olahraga sensor 64MP Samsung akan diumumkan pada kuartal keempat. Keduanya adalah merek yang tidak ditemukan di AS.

Perang megapiksel sudah mulai lagi, tampaknya. Kembali pada 2013, Nokia Lumia 1020 dilengkapi dengan kamera 41MP, tetapi itu adalah puncak selama bertahun-tahun sampai Sony mengumumkan sensor 48MP pada Juli 2018 .

Dan, 13 bulan kemudian, menatap sensor gambar pertama di wilayah tiga digit, namun tidak melihat Samsung menggunakan sensor 64MP atau 108MP pada ponsel flagship yang akan datang. Itu bisa mempekerjakan pada garis Galaxy A mid-range.

Misalnya, sementara Galaxy Note 10 series memiliki kamera utama 12MP, Galaxy A80 dilengkapi dengan kamera utama 48MP di bagian belakang.

Sementara model Galaxy A di masa depan dapat mencakup sensor gambar 64MP, dan 108MP tampaknya menjadi eksklusif untuk Xiaomi, setidaknya untuk saat ini.

Xiaomi (Phone Arena)

Xiaomi (Phone Arena)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar