Samsung Berencana Perbanyak Smartphone Tizen

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Lely Novita

Samsung Berencana Perbanyak Smartphone Tizen

Ilustrasi (Reuters)

Rabu, 1 Juli 2015 | 12:02

Analisadaily – Samsung tampaknya ingin memperluas sistem operasi (OS) kembangan mereka sendiri yang disebut Tizen. Salah satunya, dengan merilis lebih banyak lagi smartphone berbasis Tizen.

Menurut laporan Reuters, Samsung memang tengah berencana untuk meluncurkan beberapa smartphone berbasis Tizen pada akhir tahun ini, dengan harga yang bervariasi.

Namun sayang, raksasa elektronik asal Korea ini tidak menyebutkan rincian spesifikasi dari produk mendatang mereka ini.

Menurut seorang analis, saat ini Samsung berencana untuk membangun ekosistem mereka sendiri melalui Tizen, yang sebelumnya sudah diterapkan di beberapa smartwatch dan televisi premium mereka. Tapi, perusahaan membutuhkan lebih banyak handset yang berjalan pada OS mereka untuk memperluas pengguna dan menarik pengembang pihak ketiga.

Samsung pertama kali meluncurkan smartphone berbasis Tizen, yang disebut Z1, pada Januari lalu di India dan telah menjual perangkat mereka di Sri Lanka dan Bangladesh. Sejauh ini, sebanyak 1 juta perangkat Z1 telah terjual di India, yang merupakan pasar smartphone terbesar ketiga di dunia.

Sedangkan menurut peneliti Counterpoint, Samsung Z1 telah menjadi smartphone terlaris di Bangladesh pada Januari hingga Maret 2015 lalu.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar