Rusia Terbangkan Teleskop untuk Menemukan Jutaan Lubang Hitam

Penulis: Christison Sondang Pane

Rusia Terbangkan Teleskop untuk Menemukan Jutaan Lubang Hitam

Ilustrasi (Roscosmos/DLR/CPT/Engadgets)

Minggu, 14 Juli 2019 | 10:30

Analisadaily - Rusia kembali melakukan pengamatan ruang angkasa setelah kehilangan kendali atas teleskop radio awal tahun 2019. Negara ini telah berhasil meluncurkan Spektr-RG, sebuah teleskop sinar-X yang dikembangkan bersama dengan bantuan Jerman.

Peluncuran akan memakan waktu 100 hari untuk mencapai tujuan akhir Lagrange Point 2, di mana ia dapat melakukan studi dalam kondisi stabil sejuta mil dari Bumi. Namun, ketika sampai di sana, Spektr-RG bisa secara signifikan membentuk kembali pemahaman manusia tentang alam semesta.

Dilansir dari Engadgets, Minggu (14/7), Spektr-RG diharapkan melakukan survei 6.5 tahun yang sangat terperinci yang dapat menemukan sekitar 100.000 gugusan galaksi, ratusan ribu bintang aktif, dan sekitar 3 juta lubang hitam supermasif.

Selain memberikan peta kosmos yang lebih rinci, Spektr-RG dapat membantu memahami pembentukan lubang hitam, distribusi materi di alam semesta dan pengaruh energi gelap pada ekspansi kosmik.

Ini adalah tonggak sejarah astronomi Rusia. Sementara desain akhir teleskop sangat bervariasi dari konsep aslinya dan mengalami beberapa keterlambatan, itu menempatkan Rusia dan juga, Jerman di ujung tombak astronomi sinar-X.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar