Pasar Esports Jepang Berkembang Pesat

Penulis: Reza Perdana

Pasar Esports Jepang Berkembang Pesat

Ilustrasi (Trusted Reviews)

Rabu, 12 Desember 2018 | 17:31

Analisadaily - Pasar Esports di Jepang membuat peningkatan luar biasa, yaitu 13 kali lipat menjadi  ¥4,8 miliar atau sekitar $42,5 juta tahun ini. Hal ini menurut penerbit industri game Gzbrain Inc.

Gzbrain, yang juga menerbitkan majalah video game populer Jepang, Famitsu, membuat survei yang melacak peningkatan besar dalam pendapatan untuk industri Esports negara tersebut.

Pertumbuhan dimulai ketika video game kompetitif disahkan di negara itu kembali pada bulan Februari, setelah pembentukan Serikat Esports Jepang, dan ketika lisensi profesional mulai dikeluarkan untuk pemain profesional Jepang.

Dilansir dari Fox Sports, Rabu (12/12), survei juga memperkirakan bahwa pasar Esports domestik Jepang akan tumbuh lebih jauh menjadi ¥10 miliar atau lebih dari $88 juta, karena jumlah kompetisi Esports dan penggemar di negara itu meningkat.

Esports Jepang sebagian besar telah difokuskan di dalam negeri sejauh ini, dengan hanya beberapa nama besar dari negara itu, termasuk Goichi "GO1" Kishida, membuat kehadiran mereka dikenal di luar negeri.

Pada usia 30 tahun, GO1 adalah salah satu pemain tertua namun tetap paling terampil yang masih aktif di dunia game fighting internasional.

GO1 dan sebagian besar veteran Jepang lainnya di bidang Esports sebagian besar dikenal karena keahlian mereka dalam pertempuran, seperti Street Fighter, Tekken, Super Smash Bros, Guilty Gear, Blazblue, King of Fighters, dan DragonBall FighterZ.

Fakta bahwa Esports telah mulai berkembang di Jepang seharusnya tidak mengherankan, mengingat negara ini adalah salah satu yang terbesar dan paling berpengaruh dalam hal bermain game.

Bahkan ketika pasar Esports domestik di Jepang siap untuk pertumbuhan besar-besaran, orang dapat berasumsi langkah selanjutnya untuk industri di negara tersebut adalah memperluas pengaruhnya secara internasional.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar