Microsoft Menambah Dukungan DirectX 12 di Windows 7

Penulis: Reza Perdana

Microsoft Menambah Dukungan DirectX 12 di Windows 7

(GSM Arena)

Sabtu, 16 Maret 2019 | 14:20

Analisadaily - Microsoft mengumumkan mereka membawa dukungan DirectX 12 untuk Windows 7. Perusahaan juga mengumumkan, World of Warcraft Blizzard Entertainment, yang sangat populer akan menjadi judul pertama mendukung DirectX 12 pada Windows 7.

DirectX 12 adalah API tingkat rendah yang diluncurkan bersamaan dengan Windows 10. Ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi dengan mengurangi overhead driver.

DirectX 12 mampu meningkatkan CPU multi-core dengan lebih baik dan juga mengaktifkan sistem multi-GPU tanpa memerlukan teknologi vendor perangkat keras seperti CrossFire atau SLi.

Dilansir dari GSM Arena, Sabtu (16/3), selama beberapa tahun terakhir, pengembang semakin menambah dukungan untuk DirectX 12. Ketika diimplementasikan dengan benar, DX12 menunjukkan peningkatan kinerja dibandingkan DX11.

Namun, karena banyak gamers masih menggunakan Windows 7 untuk alasan apa pun, mereka hanya bisa menjalankan game di DX11, yang merupakan versi terbaru yang didukung oleh OS itu. Saat bekerja dengan Blizzard, Microsoft memutuskan untuk melakukan porting pada runtime D3D12 ke Windows 7.

Microsoft telah mengklarifikasi, sementara ini akan memungkinkan pengembang untuk mendukung DX12 pada Windows 7, kinerja DX12 terbaik masih akan ditemukan pada Windows 10 karena OS tersebut dirancang dari bawah ke atas untuk API ini.

Pengguna juga tidak akan mendapatkan fitur lain seperti DXR (DirectX Raytracing) pada Windows 7. Jika Anda adalah pengguna Windows 8 atau 8.1 maka Anda kurang beruntung, karena mereka akan tetap menggunakan DX11.

Sejauh ini, WoW adalah satu-satunya judul yang diumumkan dengan dukungan DX12 pada Windows 7. Microsoft telah mengatakan, bekerja dengan beberapa pengembang game lain untuk mem-port game D3D12 mereka ke Windows 7.

Sedangkan untuk driver, baik AMD dan NVIDIA telah mengumumkan bahwa mereka akan merilis driver yang memungkinkan dukungan untuk DX12 pada Windows 7 untuk kartu grafis yang kompatibel.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar