Mengenal Aplikasi Android Pencari Suaka Besutan Rudenim Medan

Mengenal Aplikasi Android Pencari Suaka Besutan Rudenim Medan

Aplikasi Android besutan Rudenim Medan

(jw/rzd)

Senin, 16 September 2019 | 18:40

Analisadaily (Medan) - Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Medan meluncurkan aplikasi berbasis Android. Aplikasi ditujukan bagi pencari suaka dan pengungsi korban konflik kemanusiaan.

Kepala Rudenim Medan, Victor Manurung mengatakan, aplikasi ini merupakan inovasi baru yang akan diterapkan di Rudenim. Dalam pelaksanaan tugas pengawasan pengungsi, aplikasi digital ini menjawab banyak keluhan dan laporan pelanggaran yang diduga dilakukan pengungsi.

"Cara kerja aplikasi melibatkan pemasukan data identitas personal dari pengungsi yang diinput dalam kartu pengenal. Kartu pengenal ini berbeda dengan kartu registrasi pengungsi yang dikeluarkan UNHCR," kata Victor di Rudenim Jalan Flamboyan Raya, Medan, Senin (16/9).

Victor mengungkapkan, dalam kartu tersebut juga terdapat barcode yang digunakan sebagai penginput data pengungsi ke aplikasi. Kartu ini juga dipastikan harus dibawa saat pengungsi keluar dari rumah singgah untuk masuk ke dalam database absensi kehadiran.

"Ini juga kerja sama pengelola community house, dalam hal ini dibutuhkan untuk mengontrol keberadaan dan keluar masuknya pengungsi," ungkapnya.

Selain mengawasi langsung keberadaan pengungsi yang tidak berada di rumah penampungan atas dugaan bekerja, menggunakan kendaraan, atau tinggal di tempat lainnya, pengelola rumah penampungan juga dapat melaporkan langsung kejadian dan pelanggaran yang melibatkan pengungsi.

"Misalnya pertengkaran, kabur, atau tindakan kriminal lainnya," terang Victor.

Peluncuran aplikasi untuk pengawasan pengungsi dan pencari suaka diklaim baru pertama kali digagas Rudenim Medan. Dengan adanya aplikasi, diharapkan dapat meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh pengungsi.

Saat ini terdapat 2.001 jiwa pengungsi dari 14 negara yang ditampung dalam 15 rumah singgah yang tersebar di Medan dan Deli Serdang. 

(jw/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar