Lebih dari 10 Juta Pengguna Tertipu dengan Aplikasi Palsu Untuk Perangkat Samsung

Penulis: Reza Perdana

Lebih dari 10 Juta Pengguna Tertipu dengan Aplikasi Palsu Untuk Perangkat Samsung

(Asia One)

Sabtu, 6 Juli 2019 | 20:09

Analisadaily - Sebuah paparan oleh analis malware Aleksejs Kuprins dari CSIS Security Group menunjukkan, 10 juta pengguna yang tidak menaruh curiga telah tertipu untuk menginstal aplikasi Updates For Samsung, yang mengklaim menyediakan setiap pembaruan Android.

Ini mengarahkan pengguna ke situs web blog, pertama memikat mereka dengan unduhan firmware gratis, kemudian mendorong mereka untuk membayar pembaruan yang pada kenyataannya tersedia secara gratis.

Kuprins mencatat, kecepatan unduhan untuk versi gratis terbatas pada 56KBps (kilobyte per detik) sehingga firmware tipikal dapat memakan waktu hingga empat jam untuk mengunduh dan mungkin bahkan macet di tengah jalan.

Dilansir dari Asia One, Sabtu (6/7), pengguna yang frustrasi akan terdorong untuk membayar paket premium yang menawarkan pengunduhan lebih cepat, dan mereka akan dikenai biaya tahunan US$34,99 atau setara S$ 47,48.

Pembayaran tidak terjadi di Google Play, di mana aplikasi secara mengejutkan masih tersedia, menurut Kuprins. Alih-alih aplikasi mengirimkan info kartu kredit pengguna ke situs lain. Jika Anda memiliki perangkat Samsung, pembaruan firmware, jika ada, dapat ditemukan di bawah Pengaturan.

Setelah Anda memilih Pengaturan pada perangkat Anda, ketuk Tentang Perangkat dan kemudian Pembaruan Perangkat Lunak.

Situs web Samsung menyatakan: "Pembaruan sistem operasi dirilis secara berkala untuk perangkat Anda. Harap perhatikan bahwa pembaruan mungkin membutuhkan waktu lama untuk menginstal dan dapat menjadi besar dalam hal data. Kami sarankan mengunduh pembaruan melalui koneksi WiFi untuk menghindari penggunaan ponsel Anda. penyisihan data."

Anda dapat memilih untuk memperbarui firmware secara otomatis saat dan ketika pembaruan tersedia, atau melakukannya secara manual. Either way, pembaruan datang langsung ke perangkat Anda dan tidak dikenai biaya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar