ISIS Gunakan iMessage Apple untuk Komunikasi

Penulis: Kiki Safitri | Editor: James P Pardede

ISIS Gunakan iMessage Apple untuk Komunikasi

iMessage (Imore)

Minggu, 22 November 2015 | 18:00

Analisadaily - Setelah serangan teror pekan lalu di Paris, muncul sebuah spekulasi bahwa komplotan ISIS menggunakan konsol Sony Playstation sebagai alat komunikasi untuk sesama mereka. Laporan yang saling bertentangan mengatakan bahwa teroris menggunakan ponsel dan akan mengirimkan pesan teks satu sama lain tanpa mengetik.

Baru-baru ini, sebuah buklet 34 halaman yang ditemukan oleh Combating Terrorism Center  di West Point menjelaskan berbagai sistem perekrutan ISIS yang awalnya ditulis oleh perusahaan keamanan Kuwait Cyberkov, OPSEC. Awalnya buku ini ditulis untuk membantu aktivis politik dan jurnalis melindungi identitas mereka dan identitas sumber mereka, buku tersebut berhasil dibajak oleh ISIS sebagai cara untuk mengajarkan pengikutnya bagaimana untuk menjaga lokasi dan komunikasi pribadi mereka. 

Dilansir Phonearena, buku tersebut merekomendasikan aplikasi pesan tertentu, dan mengatakan kepada pembaca bahwa mereka harus menghindari aplikasi seperti Facebook karena komunikasi menggunakan jaringan sosial dapat disadap. 

Namun layanan yang disukai oleh ISIS termasuk iMessage. Layanan Apple pesan tersebut memang diyakini tidak dapat disadap oleh badan-badan intelijen pemerintah, atau bahkan dengan Apple itu sendiri. Buku ini juga mengatakan bahwa ketika menggunakan handset Android atau iPhone, aplikasi resmi Twitter biasanya menggunakan aplikasi pengganti pada pihak ketiga. 

Juga ada bagian bagaimana cara menggunakan data palsu untuk membuang history Anda. Buku ini juga merekomendasikan mematikan GPS pada smartphone yang digunakan. Anehnya, mengingat ISIS direkrut dengan menggunakan buku OPSEC, tidak ada data yang menyebutkan bahwa konsol Sony Playstation digunakan anggota ISIS saat menyerang Paris minggu lalu. 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar