Imbauan Membeli Smartphone Legal di Vendor Resmi

Imbauan Membeli Smartphone Legal di Vendor Resmi

Seorang pegawai vendor resmi Erafone sedang memberikan informasi tentang spesifikasi smartphone kepada calon konsumen, Selasa (28/6).

(rts/rzd)

Selasa, 28 Juni 2016 | 20:42

Analisadaily (Medan) - Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa di Medan sendiri, banyak brand smartphone yang sebenarnya bukan barang resmi alias black market.

Smartphone jenis ini biasanya dengan mudah diidentifikasi, salah satunya dengan tipe garansi yang hanya menyertakan garansi distributor.

"Untuk garansi distributor sendiri, biasanya kami cuma perantara. Perbaikannya melalui pusat," kata salah satu pemilik toko handphone di Plaza Medan Fair, Selasa (28/6).

"Untuk perbaikan sendiri, garansi distributor bisa sampai 3 bulan pengerjaannya," lanjutnya.

Pegawai vendor resmi smartphone Erafone, Uli menjelaskan, barang-barang black market sebenarnya sudah banyak menjamur, dan menjadi pilihan banyak calon konsumen.

Namun menurutnya, sedikit yang mengetahui kerugian dari jenis barang ini, mengingat konsumen membutuhkan harga yang murah sesuai kantong.

"Kamera handphone black market dan yang resmi itu bisa dicek berbeda. Sebagai contoh brand Xiaomi sendiri, Erafone adalah vendor resmi offline yang mengeluarkan smartphone brand Xiaomi resmi di Indonesia. Kita jamin Xiaomi kita itu sepenuhnya bahasa Indonesia, bukan bahasa mandarin," terang Uli.

"Yang kami lakukan di Erafone adalah mengedukasi orang untuk membeli smartphone legal. Yang kami jual adalah service, bukan hanya di waktu pembelian saja tapi juga pelayanan setelah Anda membeli gadget," ujar Eka Prasanta, kepala toko vendor Erafone.

"Kami sendiri sangat mendukung pemberantasan barang ilegal. Seperti contohnya iPhone. Kita tahu sendiri iPhone cuma beberapa vendor yang memegang lisensi penjualan resmi, termasuk di dalamnya iBox, Erafone dan lain sebagainya. Membeli barang ilegal sebenarnya juga tindakan melanggar hukum," terangnya.

(rts/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar