Google Menangguhkan Lisensi Android untuk Huawei

Penulis: Reza Perdana

Google Menangguhkan Lisensi Android untuk Huawei

(GSM Arena)

Senin, 20 Mei 2019 | 17:25

Analisadaily - Perang dagang AS-Cina baru saja berubah menjadi sangat buruk bagi Huawei, produsen ponsel pintar terbesar kedua di dunia dan penyedia peralatan jaringan 5G utama.

Perusahaan seperti Google, Intel, Broadcom, Xilinx, Qualcomm, dan lainnya, telah menangguhkan bisnis dengan pembuat Cina, mengikuti perintah eksekutif Presiden Amerika Serikat.

Ini berarti setiap smartphone masa depan akan datang tanpa layanan Google atau perangkat keras jaringan apa pun. Mengenai pemilik smartphone Huawei saat ini, Google mengonfirmasi di Twitter hal-hal berikut:

“Layanan seperti Google Play & keamanan dari Google Play Protect akan tetap berfungsi pada perangkat Huawei Anda yang ada,” pernyataan Google, dilansir dari GSM Arena, Senin (20/5).

Meskipun Huawei sudah memproduksi chip andalannya sendiri seperti Kirin 980 dengan modem Balong 5000 untuk konektivitas 5G, perusahaan ini adalah roket pembawa perusahaan menuju tempat # 2 di pasar smartphone.

Menurut seorang analis, yang dikutip oleh Bloomberg, Huawei sangat bergantung pada produk semikonduktor AS dan akan lumpuh serius tanpa pasokan komponen AS utama.

Pabrikan lain seperti Intel menyediakan chip server, Xilinx menjual chip yang dapat diprogram untuk jaringan dan Broadcom adalah pemasok untuk switching chip, semuanya merupakan kunci bagi Huawei untuk menjaga ekosistem dan infrastrukturnya tetap bertahan.

Perwakilan menolak berkomentar, sementara para pakar chip mempertanyakan kemampuan Huawei untuk melanjutkan, Reuters melaporkan.

Seluruh penangguhan bisnis ini dapat berarti bahwa Huawei meluncurkan perangkatnya secara global dengan cara yang sama dengan yang muncul di Cina tanpa aplikasi penting seperti Peta, Kalender, Gmail, Chrome.

Paling penting, Google Play, yang berarti menghambat penjualan global dan menekan tujuan untuk menjadi perusahaan smartphone teratas di tahun 2021.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar