Google Lakukan Penyelidikan Internal Terkait Kebocoran Rahasia

Penulis: Reza Perdana

Google Lakukan Penyelidikan Internal Terkait Kebocoran Rahasia

Ilustrasi (Pixabay)
 

Minggu, 14 Juli 2019 | 20:15

Analisadaily - Google mengatakan sedang melakukan tinjauan internal setelah menemukan audio rahasia telah dibocorkan oleh kontraktor percakapan pribadi dengan asisten digitalnya.

Raksasa internet AS itu mengakui kesalahan dalam kebocoran percakapan bahasa Belanda oleh salah satu pakar bahasanya, yang dikontrak untuk membantu memperbaiki Asisten Google-nya, sistem bertenaga kecerdasan buatan untuk interaksi suara.

Google membuat pengumuman setelah laporan oleh penyiar VRT Belgia, dapat mengakses fragmen percakapan dari pengeras suara pintar dan perangkat Google lainnya di Belgia dan Belanda.

Dilansir dari Asia One, Minggu (14/7), kebocoran itu tampaknya berasal dari salah satu pakar bahasa yang digunakan Google di seluruh dunia, untuk membantunya memperbaiki programnya.

"Kami baru mengetahui salah satu peninjau bahasa ini telah melanggar kebijakan keamanan data kami dengan membocorkan data audio Belanda yang rahasia," kata manajer produk Google, David Monsees.

"Tim respons keamanan dan privasi telah diaktifkan pada masalah ini, sedang menyelidiki, dan kami akan mengambil tindakan. Kami sedang melakukan tinjauan penuh terhadap perlindungan kami di ruang ini untuk mencegah kesalahan seperti ini terjadi lagi."

Insiden ini menyoroti kekhawatiran tentang pengeras suara dan perangkat pintar mendengarkan percakapan pribadi, atau pengarsipan file audio yang dapat diakses secara tidak tepat.

Aktivis menilai menuduh Amazon menyimpan percakapan dengan anak-anak secara tidak pantas di perangkat Echo Kids-nya, meminta penyelidikan federal.

Amazon mengatakan telah mematuhi undang-undang federal tentang data audio dan bergantung pada panduan dari para ahli keamanan keluarga untuk penyimpanan datanya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar