Google Kembalikan Akses Android Q Beta untuk Huawei Mate 20 Pro

Penulis: Reza Perdana

Google Kembalikan Akses Android Q Beta untuk Huawei Mate 20 Pro

Huawei Mate 20 Pro (Berbagai Sumber)

Jumat, 31 Mei 2019 | 17:05

Analisadaily - Beberapa lisensi dan kemitraan dengan berbagai perusahaan Amerika ke raksasa teknologi China, Huawei, dibatalkan setelah perintah pemerintah AS baru-baru ini. Bahkan menempatkan Huawei dalam daftar hitam.

Salah satu lisensi terbesar yang hilang dari Huawei adalah sistem operasi Android. Google hanya mematuhi perintah pemerintah untuk mencabut lisensi. Perangkat Huawei di masa mendatang tidak akan lagi memiliki akses Play Store dan pembaruan aplikasi, dukungan, dan layanan Google.

Dilansir dari Asia One, Jumat (31/5), Google juga secara diam-diam menghapus Huawei Mate 20 Pro dari program Android Q Beta. Namun tidak butuh waktu lama, Mate 20 Pro dipulihkan. Ini menjadi kabar yang luar biasa.

9to5Google menunjukkan, kemunculan kembali ponsel Huawei pada halaman Android Q Beta ada hubungannya dengan lisensi umum 90 hari sementara yang diberikan kepada perusahaan China. Apa yang dilakukan lisensi memungkinkan Huawei untuk menyediakan layanan dan dukungan, termasuk pembaruan atau patch perangkat lunak ke handset yang ada.

Ini merupakan kabar baik bagi Huawei dan pengguna. Dengan pemasangan kembali, perangkat saat ini harus terus menerima pembaruan dengan fase ketiga Android Q, yang menghadirkan fitur-fitur seperti mode gelap, navigasi gerakan yang lebih baik, teks langsung, dan yang paling penting, patch keamanan.

Berita baik datang tepat ketika perusahaan juga mendapatkan keanggotaannya dengan aliansi SD, WiFi dan Bluetooth dipulihkan, yang berarti perangkat di masa depan dapat memiliki akses ke layanan yang disebutkan di atas.

"[Pemulihan adalah] pembaruan penting bagi perusahaan mengingat peristiwa baru-baru ini yang mungkin ingin diketahui pembaca," sebut juru bicara Huawei.

"Sementara situasi saat ini masih berkembang, kami akan terus memberikan pembaruan terbaru segera setelah kami memilikinya," lanjutnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar