Google Glass Bantu Anak Autis Mengenal Ekspresi

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Google Glass Bantu Anak Autis Mengenal Ekspresi

Google Glass (Ubergizmo)

Jumat, 3 Agustus 2018 | 13:51

Analisadaily - Baru-baru ini ditemukan, penggunaan realitas virtual berpotensi membantu mengukur seberapa baik pecandu narkoba dapat pulih dalam rehabilitasi.

Bentuk lain dari realitas virtual adalah penggunaan Google Glass yang disebut dapat membantu anak dengan gangguan autisme.

Google Glass dapat menavigasi situasi sosial pada anak. Salah satu masalah yang disebabkan oleh autisme adalah keterampilan sosial yang buruk.

Namun, dengan terapi yang dikembangkan oleh para peneliti yang menggunakan Google Glass dan perangkat lunak pengenal wajah mampu memberikan pengetahuan pada anak autis tentang emosi seperti apa yang orang-orang ekspresikan.

“Anak-anak dengan ASD telah menunjukkan defisit dalam kemampuan pemrosesan wajah, seperti membedakan rasa takut dan mengidentifikasi emosi yang lebih halus. Anak-anak juga berjuang dengan keterlibatan wajah dan kontak mata,” kata salah satu peneliti.

“Mengajarkan keterampilan ini kepada anak-anak penyandang autis penting untuk perkembangan sosial dan terkait erat dengan empati,” lanjutnya dilansir dari Ubergizmo, Jumat (3/8).

Artinya, anak autis dapat mengenali ekspresi bahagia, marah, sedih, tidak senang, dan sebagainya. Mereka tentunya akan lebih siap menangani situasi semacam nya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar