Gboard Didukung 500 Bahasa

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Gboard Didukung 500 Bahasa

Google (Ubergizmo)

Jumat, 21 Desember 2018 | 13:21

Analisadaily - Google sudah meluncurkan keyboard virtual Gboard beberapa tahun lalu.

Untuk meningkatkan fungsi virtual Gboard, pihak perusahaan terus melakukan inovasi dengan menambahkan lebih banyak bahasa.

Saat ini bahkan Gboard didukung oleh 500 bahasa. Penambahan bahasa dilakukan karena hampir 90% masyarakat berkomunikasi di perangkat seluler dengan mengetikkan bahasa asli atau bahasa ibu.

Google pertama kali meluncurkan Gboard untuk Android pada bulan Desember 2016. Awalnya Google menyertakan sekitar 100 bahasa. Namun setiap tahun terus bertambah. Penambahan terakhir adalah bahasa Pontic Greek, Balinese dan Nigerian Pidgin.

Selain bahasa, Gboard juga didukung lebih dari 40 jenis penulisan di seluruh dunia. Ini termasuk abjad yang digunakan di berbagai bahasa seperti Cyrillic dan Roman, bahkan skrip yang digunakan hanya untuk satu bahasa seperti Ol Chiki.

Untuk memastikan pengguna dapat berkomunikasi dengan mudah, Gboard menyetel tata letak keyboard untuk setiap variasi bahasa dan mengatur fitur teks koreksi otomatis dan prediktif dipersonalisasi.

Informasi dari Ubergizmo, Jumat (21/12) menyebut, sebelum merilisnya ke publik, Google lebih dulu melakukan uji coba dengan menghadirkan penutur asli dari setiap bahasa untuk memininalisir kesalahan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar