Denda yang Harus Dibayar Facebook Akibat Pelanggaran Privasi Data

Penulis: Reza Perdana

Denda yang Harus Dibayar Facebook Akibat Pelanggaran Privasi Data

CEO Facebook, Mark Zuckerberg (GSM Arena)

Minggu, 14 Juli 2019 | 16:29

Analisadaily - Facebook didenda oleh Komisi Perdagangan Federal AS sebesar $5 miliar, terkait penyelidikan atas praktik jaringan sosial mengenai pelanggaran privasi data pengguna.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (14/7), penyelesaian sekarang perlu disetujui oleh Departemen Kehakiman, yang dipandang hanya sebagai langkah prosedural dengan sedikit kemungkinan untuk perubahan hasil.

Penyelidikan dimulai pada awal 2018 setelah terungkap data pengguna yang dibagikan Facebook dengan perusahaan analitik Cambridge Analytica, digunakan untuk mempengaruhi kampanye presiden 2016.

Praktik kontroversial lainnya terungkap, seperti misalnya kata sandi Instagram yang disimpan dalam teks biasa. Pelanggaran itu memecahkan rekor (denda terbesar kedua yang diberikan karena melanggar perintah FTC adalah sebesar $ 22,5 juta, dikenakan di Google pada tahun 2012).

Denda dan sanksi merupakan tamparan besar, juga sebagai langskah untuk meningkatkan kebijakan perusahaan dalam menangani data pengguna yang sensitif.

Investor tampaknya berpikir seperti itu juga, pasar saham bereaksi dengan kenaikan harga saham Facebook hingga 1,8%, meskipun penyelesaiannya sekitar $2 miliar lebih dari yang awalnya dialokasikan perusahaan.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar