China Mobile Beri Setengah Kontrak Jaringan 5G ke Huawei

Penulis: Reza Perdana

China Mobile Beri Setengah Kontrak Jaringan 5G ke Huawei

(Daily Mail)

Senin, 17 Juni 2019 | 18:11

Analisadaily - Operator telekomunikasi terbesar China, China Mobile, telah memberikan setengah dari kontrak peralatan jaringan 5G kepada Huawei Technologies. Hal ini bentuk dukungan bagi raksasa telekomunikasi China imbas perang dagang dengan Amerika Serikat.

Dilansir dari Asia One, Senin (17/6), Huawei akan menyediakan 49 persen peralatan MME/SGSN dan 54 persen dari peralatan SAE-GW/GGSN, dua jenis peralatan jaringan inti yang diperlukan untuk pengoperasian jaringan 5G yang sangat cepat, ke China Mobile, menurut hasil tender yang diposting di situs web operator telekomunikasi.

Ericsson, Swedia, dan Nokia, Finlandia, mengantongi 34 persen dan 12 persen dari pesanan peralatan MME/SGSN, serta 34 persen dan 9 persen dari masing-masing pesanan SAE-GW/GGSN. ZTE Corp, saingan Huawei Crosstown di Shenzhen, dianugerahi 5 persen dari MME dan 3 persen dari pesanan peralatan SAE 5G.

"Kami telah menetapkan kebijakan pengadaan yang adil dan transparan, dan calon vendor harus melalui proses tender yang gencar," pernyataan pihak China Mobile.

"Kami telah mempertimbangkan faktor-faktor seperti harga, kualitas produk, dan layanan pelanggan dalam mencapai keputusan akhir. Huawei adalah salah satu pemasok jangka panjang utama kami, dan selama bertahun-tahun telah secara konsisten memberi kami produk dan layanan yang luar biasa."

Pada 6 Juni, China memberikan lisensi 5G komersial kepada tiga operator jaringan telekomunikasi negara itu dan raksasa jaringan kabel, menandakan investasi besar baru di pasar ponsel terbesar di dunia di tengah perang teknologi yang berkecamuk dengan Amerika Serikat.

Penghargaan lisensi 5G datang setelah pemerintah AS menempatkan Huawei pada daftar hitam perdagangan bulan lalu, yang telah memutuskan akses perusahaan yang berbasis di Shenzhen ke pemasok teknologi tinggi Amerika, termasuk perusahaan semikonduktor Qualcomm dan Intel, serta penyedia perangkat lunak Google dan Microsoft.

Huawei sepenuhnya siap untuk peluncuran jaringan 5G komersial di China, perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah China memberikan lisensi 5G. Huawei juga menolak mengomentari pengumuman China Mobile.

China Mobile, Unicom, dan China Telecom yang terdaftar di Hong Kong saat ini membeli peralatan jaringan mereka dari beberapa pemasok, termasuk Nokia dan Ericsson. Kemajuan teknologi yang dibuat Huawei dan ZTE memungkinkan mereka memperluas pangsa pasar di antara operator terkemuka China selama dua generasi terakhir dari sistem mobile.

Huawei mengumumkan awal bulan ini bahwa mereka telah memperoleh 46 kontrak 5G komersial dari 30 negara. Ericsson dan Nokia secara terbuka mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan masing-masing kontrak komersial 21 dan 23 5G. ZTE belum mengungkapkan angka kontrak 5G baru-baru ini.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar