CEO Bukalapak Achmad Zaky Beberkan 3 Tips Jitu Bisnis Online

CEO Bukalapak Achmad Zaky Beberkan 3 Tips Jitu Bisnis Online

Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky (Foto: Istimewa)

(rel/rzd)

Minggu, 12 Agustus 2018 | 15:43

Analisadaily (Medan) - Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky, berbagi tips jitu agar sukses dalam menjalankan bisnis online bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah. Tips jitu ini dibeberkan Zaky saat menghadiri perayaan ulang tahun yang ke-3 Komunitas Bukalapak Medan. Perayaan digelar di Taman Hairos, Deli Serdang.

Menurut pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 2986 ini, ada tiga poin yang harus menjadi prinsip dan diaplikasikan oleh para pelaku UKM dalam menjalankan bisnisnya melalui online. Pertama adalah kejujuran dan pelayanan.

Zaky menegaskan, kejujuran dan pelayanan sangat penting bagi pengusaha level 1 dan harus diutamakan. Seorang pelaku UKM yang menjalankan bisnis online tidak akan bisa naik ke level 2 jika tidak benar-benar menjalankan kejujuran dan pelayanan.

“Kepada pelanggan, kejujuran danmpelayanan itu wajib. Bikin produk atau jualan harus jujur. Ini sangat dasar sekali. Jika jujur, pelayanan bagus, dan di luar ekspektasi pelanggan, maka hasilnya pelanggan akan senang dan puas,” ucap Zaky, Minggu (12/8).

Selanjutnya yang kedua adalah kreatif. Zaky menyebut, menambahkan value lain yang berbeda, yang unik, dan jika bisa hanya ada satu-satunya pada produk kita, maka seorang UKM yang pengin besar harus kreatif. Jujur saja tidak cukup.

“Jika kita jujur memang dapat rezeki, tapi terbatas. Maka harus disokong dengan kreativitas agar bisa lebih besar lagi,” ungkapnya.

Untuk yang ketiga, seorang pelaku UKM harus memiliki tujuan mulia, dan tidak hanya memiliki tujuan yang hanya sekadar uang, tetapi lebih besar lagi. Bagi para pelaku UKM yang ada di Kota Medan seperti menyelesaikan masalah yang ada di kota ini, atau membuka lapangan pekerjaan.

“Dengan niat yang baik, rezeki lebih besar. Rata-rata bisnis besar memiliki niat untuk memberikan manfaat kepada orang banyak. Bukalapak sendiri besar karena memiliki misi mulia,” sebut Zaky.

Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky.

Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky.

Diakui Zaky, sebelum Bukalapak seperti saat ini, dirinya sempat berjualan mie ayam. Tidak hanya itu, Zaky juga pernah menjual Compact Disk (CD) bajakan, berjualan software, dan membuat software untuk perusahaan-perusahaan. Dan akhirnya bisa menghadirkan Bukalapak.

“Teknologi sudah tidak bisa terbendung dan sudah tidak bisa terelakan. Teknologi akan dipakai. Nah, di situ kesempatan buat usaha kecil, karena Indonesia usaha kecil termasuk terbesar di dunia,” tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar