Apple Menghadapi Gugatan Atas Pembaruan iOS

Penulis: Reza Perdana

Apple Menghadapi Gugatan Atas Pembaruan iOS

(GSM Arena)

Rabu, 6 Februari 2019 | 14:10

Analisadaily - Gugatan terhadap Apple diajukan oleh firma hukum California. Gugatan menyatakan Apple dengan sadar merilis pembaruan yang akan menghentikan pengisi daya yang lebih lama atau pengisian kabel dari pengisian iPhone, memaksa pengguna membeli pengisi daya asli Apple yang baru.

Dilansir dari GSM Arena, Rabu (6/2), perangkat iOS akan menampilkan pesan yang bertuliskan ‘Aksesori ini mungkin tidak didukung’.

Kembali pada November 2016, Apple mendorong pembaruan iOS (mungkin versi 10.1.1) yang diduga ‘dirancang dan diprogram untuk ditolak, mulai November 2016, pengisi daya iPhone lama dari pengisian iPhone yang benar’.

Sementara ini terjadi dengan pihak ketiga aksesori pada saat itu juga. Gugatan tersebut secara khusus mengacu pada pengisi daya Apple yang lebih lama.

Tuntutan hukum tersebut meminta Apple untuk menghentikan praktik ini dan memberi tahu semua pelanggan yang terpengaruh tentang praktik penipuan dengan biaya Apple dan ‘terlibat dalam iklan korektif’, untuk memperbaiki kesalahannya.

Apple sudah terjebak dalam praktik penipuan lain ketika mengakui bahwa mereka mencekik iPhone lama dengan baterai yang rusak tanpa sepengetahuan pengguna.

Perusahaan bahkan mengakui penjualan iPhone lebih rendah sebagian karena program penggantian baterai $29 yang berakhir pada tanggal 31 Desember. Apple memutuskan untuk meluncurkan program tersebut ketika tuntutan hukum mulai menumpuk.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar