Apple Berencana Bangun Modem 5G Sendiri

Penulis: Reza Perdana

Apple Berencana Bangun Modem 5G Sendiri

iPhone (GSM Arena)

Jumat, 11 Oktober 2019 | 21:03

Analisadaily - Apple membeli bisnis modem Intel awal tahun ini dalam upaya untuk mengembangkan perangkat kerasnya sendiri, tanpa bergantung pada mitra dan kecepatan penelitian serta pengembangan mereka.

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (11/10), masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan sampai itu terjadi, meskipun sumber mengungkapkan bahwa modem 5G Apple sendiri tidak datang ke iPhone sebelum 2022.

Pemasok chipset saat ini untuk Apple adalah Qualcomm, dan produsen chip San Diego telah berjanji akan memberikan modem 5G untuk iPhone tahun depan. Namun, mengingat tahun yang sulit kedua perusahaan, berjuang di pengadilan atas lisensi dan malpraktek, Apple ingin melanjutkan sendiri.

Persoalan itu menjadikan tim R&D memulai sendiri untuk modem dan chip RF, yang tidak secara kebetulan, berbasis di Kota California, yang sama dengan markas besar Qualcomm, San Diego.

Namun, sumber itu mengungkapkan, 2022 adalah target optimis. Bahkan jika fabrikasi dilakukan tepat waktu, harus ada waktu untuk pengujian, optimalisasi, sertifikasi untuk memastikan kepatuhan dengan standar global, serta FCC domestik.

Apple terutama ingin memiliki modem 5G terintegrasi dalam SoC untuk menurunkan konsumsi daya, meskipun sumber Fast Company mengatakan Cupertino lebih cenderung membuat kedua komponen secara terpisah untuk iPhone 2022.

Sementara platform terintegrasi hanya akan tiba pada tahun 2023, meskipun Akuisisi yang dibuat Apple, merebut Esin Terzioglu dari Qualcomm, di mana ia menjabat sebagai VP of Engineering.

Sebagai perbandingan, Samsung meluncurkan Exynos 980 dengan modem 5G terintegrasi pada bulan Agustus dan akan muncul di smartphone pada akhir tahun. Sementara Huawei sudah menjual Mate 30 5G dan Mate 30 Pro 5G dengan chipset Kirin 990 5G terintegrasi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar