Android Lebih Rentan Kena Hacker Dibanding iOS

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Eka Azwin Lubis

Android Lebih Rentan Kena Hacker Dibanding iOS

Ilustrasi (Xakep.ru)

Senin, 9 Januari 2017 | 13:53

Analisadaily - Nama besar sistem operasi (OS) Android kembali tercoreng. Pasalnya, OS khusus perangkat mobile kembangan Google itu dinilai sebagai OS paling rentan diretas oleh para penjahat dunia maya dibandingkan OS milik Apple, iOS.

Hasil itu berdasarkan data yang dihimpun oleh perusahaan keamanan CVE Details. Mereka mendata 523 masalah pada OS Android, berbanding jauh dengan iOS yang hanya mengalami 161 masalah sepanjang 2016.

Data itu merupakan kebalikan dari data tahun sebelumnya. Sebab menurut informasi dari PhoneArena, Senin (9/1), penyandang OS mobile paling bermasalah tahun 2015 adalah iOS dengan 387 kasus, berselisih jauh dengan Android yang hanya mengalami 125 kasus.

Ini merupakan sebuah tindakan kriminal dunia cyber yang cukup berbahaya. Sebab, para peretas bisa mengakses ke ponsel pintar para pengguna dan mengambil berbagai informasi di dalamnya seperti nomor kontak, pesan teks, nomor IMEI, password dan sebagainya.

Sementara di sisi lain, OS desktop atau PC paling bermasalah sepanjang tahun lalu adalah Debian Linux yang menyentuh 319 kasus, diikuti Ubuntu Linux dengan 278 kasus dan Mac OS X dengan 215 kasus.

Sementara dua OS kembangan Microsoft terbilang lebih baik dibandingkan tiga pesaing sebelumnya. Windows 10 hanya mengalami 172 masalah dan Windows 8.1 mengalami 154 masalah.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar